Program Pendayagunaan Pendidikan

ORPHAN KAFALA

“Program Orphan Kafala berjalan sejak tahun 2006. Dalam program ini, Baitulmaal Muamalat dipercaya membina sebanyak 3.025 anak yatim di wilayah Aceh Pidie dan Aceh Utara”

Tak terasa, pada 2013 Program Orphan Kafala telah berjalan delapan tahun. Program Orphan Kafala merupakan program pemberdayaan masyarakat berupa pemberian beasiswa bagi anak yatim, yatim piatu, dan keluarga korban musibah gempa tsunami dan konflik di Nangroe Aceh Darussalam. Program ini merupakan kerjasama Islamic Development Bank (IDB), Organization Of Islamic Cooperation (OIC) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Salah satu LAZ diantaranya Baitulmaal Muamalat. Total dana beasiswa yang disalurkan Program Orphan Kafala pada tahun 2013 mencapai Rp10,9 miliar dengan tambahan kontribusi dana program dari BMM.

Yang menarik, para peserta program bukan hanya diberi dana beasiswa tapi juga dibekali biaya kehidupan sehari–hari dan kesehatan, serta dana pendidikan hingga tamat Sekolah Menengah Umum (SMU). Para peserta juga memperoleh pembinaan keagamaan dan mental secara rutin.

Baitulmaal Muamalat mulai menjalankan Program Orphan Kafala sejak tahun 2006. Sampai dengan 2013, Baitulmaal Muamalat dipercaya untuk membina sebanyak 3.025 anak yatim di wilayah Aceh Pidie dan Aceh Utara, Perincian penerima dana beasiswa untuk wilayah Aceh Pidie (Sigli) sebanyak 625 anak yatim, dan Aceh Utara sebanyak 2.400 anak yatim.

Di wilayah di Aceh Pidie terdapat 18 kecamatan, terdiri dari Kembang Tanjong, Simpang Tiga, Peukan Baro, Trienggadeng, Panteraja, Kota Sigli, Meureudu, Mutiara, Delima, Padang Tiji, Mutiara Timur, Glumpang Tiga, Bandar Baru, Meurah Dua, Bandar Dua, Jangka Buya, Ulim, dan Pidie. Sedangkan wilayah Aceh Utara terdapat 18 kecamatan, yakni Lhoksukon, Tanah Luas, Syamtalira Aron, Samudera, Matang Kuli, Baktiya, Banda Baro, Nisam, Nisam Antara, Meurah Mulia, Geuredong Pase, Dewantara, Kuta Makmur, Muara Batu, Sawang, Simpang Keuramat, Syamtalira Baru, dan Tanah Pasir.

Pada tahun 2013 sudah banyak kegiatan yang dilakukan BMM untuk membina, menggali, dan mengembangkan potensi para peserta Orphan Kafala. Kegitan tersebut berupa pembinaan mental dan spiritual, memberikan motivasi dan rasa ketentraman social dalam kelompokkelompok yang diadakan rutin setiap bulan. Selain itu juga melakukan pengadaan peralatan sekolah yang dibagikan kepada 3.025 anak yatim. Untuk menambah pengetahuan peserta Program Orphan Kafala, BMM juga mengadakan bimbingan belajar Bahasa Inggris dan Matematika sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) 2013. Untuk program kesehatan, setiap tahun Kafala BMM mengadakan kegiatan Medical Check Up terhadap 3.025 anak yatim melalui kerjasama dengan beberapa dokter dan Puskesmas.

Sementara untuk kegiatan Rehabilitasi dan Training, Kafala BMM pada tahun 2013 telah mengadakan beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Pelatihan handycraft membuat kreasi gantungan kunci, menghias toples dan membordir jilbab (bagi anak perempuan);
  2. Pelatihan perbengkelan yang bertujuan agar lebih terampil dalam memahami mesin dan memperbaiki motor jika terjadi kerusakan (bagi anak laki-laki).
  3. Servis handphone.
  4. Pelatihan menjahit.
  5. Pelatihan komputer dasar.
  6. Dan kegiatan lomba masak dan bersepeda untuk melatih kreatifitas dan membangun jiwa dalam berkompetisi

Tujuan kegiatan tersebut untuk menggali potensi anak serta membekali mereka dengan keterampilan agar ke depan dapat meningkatkan kehidupan perekonomian keluarga.

 

RINCIAN BEASISWA PER-ANAK YATIM PER BULAN