Program Pendayagunaan Pendidikan

ISS

Islamic Solidaruty School

iss

“ISS adalah fasilitas pendidikan terpadu untuk anak yatim korban tsunami Aceh”

Sekolah ini dibangun pada 2006 oleh Islamic Development Bank (IDB) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Aceh Besar. Pengelolaan sekolah ini berada di bawah manajemen serta pengawasan BMM didukung oleh Bank Muamalat Indonesia (BMI). Islamic Solidarity School (ISS) adalah lembaga pendidikan Islam yang pendiriannya dilatarbelakangi adanya bencana gempa bumi dan tsunami.

Pada tahap awal, lembaga pendidikan ini hanya menampung anak-yatim piatu korban tsunami. Harapannya, meski dalam keterbatasan ekonomi akibat bencana tsunami, mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan berkualitas berbasis kompetensi untuk sekolah menengah pertama (SMP).

Alhamdulillah, pada tahun 2011 Islamic Solidarity School (ISS) telah berhasil membuka sekolah menengah kejuruan SMK Grafika. Sekolah tersebut memberikan pendidikan yang dapat membentuk akhlak, keterampilan dan pemahaman pengetahuan sebagaimana yang ditargetkan dalam kompetensi akademik siswa.

Kurikulum yang digunakan di ISS merupakan kurikulum nasional yang diperkuat materi-materi muatan lokal atau ke-Islaman serta pengembangan melalui program–program eksternal. Dengan sistem asrama (boarding) diharapkan siswa memiliki bekal ketakwaan, akhlak, dan mental yang siap menyongsong masa depan.

Untuk mengembangkan dan menggali potensi siswa, dibentuk kelompok ekstrakurikuler yang terdiri dari ekskul Tahfidz, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Jurnalis, Pramuka, Silat, Sepak bola, Bola Voli, Sains, Seni, dan Tata boga.

Guna menambah meningkatkan kemampun dan kualitas mental, dalam beberapa kesempatan siswa diikutkan dalam beberapa lomba antar berbagai sekolah, seperti lomba tahfidz, bahasa, olimpiade sains, dan seni tari. Sedangkan untuk mengembangkan kompetensi dan kapasitas guru, ISS mengadakan training dan workshop baik internal. Termasuk mengirim guru untuk mendapatkan pelatihan atau mengikuti seminar di luar. Pelatihan yang diandakan antara lain tentang Mind Mapping dan kegrafikaan. Islamic Solidarity School (ISS) sudah mulai mencoba kemandirian sekolah, dengan berdirinya koperasi sekolah. Adapuin sejumlah produk diantaranya: Solidarity Food, Solidarity Drink (teh), Solidarity Bread (roti), Solidarity Offset Printing, Solidarity Perkebunan, Solidarity Production, Solidarity Food (siomay).

 

iss-tabel