Pendayagunaan Sosial Kemanusiaan

ATM

Aksi Tanggap Muamalat

“Di tahun 2013, total dana yangdisalurkan sebesar Rp 1,6 Miliar”

Berbagai  bentuk kepedulian sosial terus dilakukan BMM sebagai lembaga pemberdaya potensi ekonomi umat. Salah satunya melalui  Program Aksi Tanggap Muamalat (ATM).  Program sosial ini merupakan salah satu bentuk  concern BMM terhadap penanganan bencana. Kegiatan yang sudah berjalan selama ini meliputi: Tanggap Darurat, Rehabilitasi dan Recovery.

Tanggap darurat berupa penanganan dini saat terjadi bencana, Penanganan diri ini terdiri dari pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana, evakuasi, dan lain-lain. Rehabilitasi dilakukan berupa pembinaan mental, spiritual dan pemberian beasiswa bagi anak-anak korban bencana. Sedangkan recovery berupa langkah pemulihan perekonomian keluarga korban bencana.

Demi membantu dan memulihkan kondisi para korban pasca bencana. Program ATM ini mencakup perbaikan dan pemulihan (emergency, rehabilitasi dan recovery) korban bencana seperti perbaikan sanitasi (air bersih), layanan kesehatan, perbaikan sekolah dan rumah ibadah, maupun beasiswa di lokasi bencana.

Sepanjang tahun 2013, total dana Program ATM yang telah disalurkan kepada mereka yang berhak sebesar Rp1.557.761.900,-. Dana-dana tersebut digunakan untuk bantuan korban bencana longsor yang terjadi di Kab. Agam Sumatera Barat, Cililin Kab. Bandung Barat. Juga untuk korban banjir di Jakarta, Demak; banjir bandang di Ambon, bantuan bencana korban kebakaran di Kebon Manggis, Matraman, serta emergensi tahap satu untuk bencana erupsi Gunung Sinabung. Dana tersebut digunakan membeli sandang pangan untuk kebutuhan para korban bencana. Selain itu, Baitulmaal Muamalat (BMM) juga memberikan bantuan modal usaha bagi para korban bencana.

PENGGUNAAN ANGGARAN UNTUK BANTUAN MODAL USAHA BAGI KORBAN BENCANA