What we do

Epilog

“Baitulmaal Muamalat senantiasa menerapkan good corporate governance, untuk menjadi komitmen BMM menerapkan tata kelola lembaga yang baik.”

Baitulmaal Muamalat merupakan salah satu pintu masuk untuk menggali potensi Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf yang lebih besar. Untuk merealisasikan semangat tersebut memang tak mudah, namun karena ini telah menjadi komitmen bersama, dan dukungan dari perusahaan induk yakni Bank Muamalat Indonesia, sangatlah besar, kami berhasil mengatasi tantangan yang ada.

BMM akan terus meningkatkan upaya penguatan ekonomi masyarakat kecil. Mereka tak hanya membutuhkan permodalan, tapi juga motivasi dan pendampingan sehingga memiliki ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, integrasi database para muzzaki dan mustahik sudah menjadi keharusan. Integrasi data merupakan sesuatu yang penting agar BMM dapat menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak sedekah dan wakaf lebih tersebar dan optimal. Penerapan tata kelola perusahaan (good corporate governance) juga tak kalah penting. Nilai-nilai yang terkandung dalam GCG adalah transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, dan keadilan. Kelima nilai dalam GCG tersebut sejalan dengan semangat dalam UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat mengharuskan lembaga zakat di Indonesia berhimpun diri dan berkonsolidasi.

Baitulmaal Muamalat yang merupakan salah satu anak perusahaan Bank Muamalat Indonesia yang bersifat nirlaba bertekad terus menerapkan good corporate governance. Diantaranya dengan memberikan laporan rutin per tahun secara berkala kepada Badan Zakat Nasional (Baznas) dan menerbitkan Laporan Tahunan Baitulmaal Muamalat 2013. Ini juga bentuk akuntabilitas dan transparansi kepada masyarakat. Buku Laporan Tahunan ini juga merupakan komitmen dalam melaksanakan ketentuan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006.