About us

Prolog

Puji syukur kepada Rabb Semesta Alam, dengan izinnya Baitulmaal Muamalat (BMM) masih tetap kokoh dan berdiri sampai saat ini. Sebagai lembaga yang dinamis, BMM senantiasa hendak lebih baik dan lebih memberikan kontribusi kepada stakeholders. Terutama kepada masyarakat ekonomi kecil yang merupakan segmen BMM.

Untuk merealisasikan keinginan mulia tersebut bukan tanpa tantangan. Sejak lembaga ini berdiri, tantangan dan ujian telah datang. Salah satu yang memperkuat kami untuk terus melanjutkan perjuangan memberdayakan ekonomi umat adalah BMM diresmikan oleh mantan Wakil Presiden RI, Dr. Hamzah Haz, dan mantan Menteri Agama RI, Muhammad Tolchah Hasan, pada 16 Juni 2000. Sejarah tersebut yang membuat kami tetap tegak dan profesional menghadapi beragam permasalahan. Kedua tokoh tersebut berharap, Baitulmaal Muamalat menjadi sebuah lembaga pemberdayaan yang berupaya untuk memperbaiki ekonomi rakyat. Bahkan lembaga ini memposisikan diri sebagai “Indonesia Micro Enterprise Mediator”, pada tahun 2006 lalu.

“Selain program pemberdayaan, Baitulmaal Muamalat juga terus memperbaiki diri, terutama dalam pelayanan.”

Salah satu upayanya adalah dengan membuat program Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3). Program ini mendapat penghargaan program terbaik dalam kategori Program Pendayagunaan Ekonomi Terbaik (The Best Economic Empowerment Program) selama tiga kali berturut di ajang Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ) Award.

Selain program pemberdayaan, Baitulmaal Muamalat juga terus memperbaiki diri. Terutama dalam pelayanan. Sertifikasi ISO (International Standardization for Organization) 9001:2008 berhasil diraih pada 2013 lalu. Proses sertifikasi tersebut dilakukan oleh NQA Ascertiva Group Ltd, sebuah badan sertifikasi internasional ternama. Perkembangan yang ada selama ini merupakan bagian dari komitmen kami menjadikan Baitulmaal Muamalat (BMM) sebagai LAZ yang selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas kontribusi demi kemaslahatan umat.