Bambang-Kusnadi-600x400

Kolom Direktur Eksekutif


Bambang Kusnadi

Direktur Eksekutif

Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Amil,

Demi Kontribusi Terbaik Bagi Umat

Oleh Bambang Kusnadi

Direktur Eksekutif BMM

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah, yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya kepada kita, sehingga kita dapat menjalankan fungsi khalifatullah di bumi ini dengan sebaik-baiknya.

Shalawat seiring salam, semoga tercurah kepangkuan insan pilihan, Nabi kita Muhammad SAW, semoga dengan shalawat yang senantiasa kita baca, kita akan mendapatkan syafa’atnya di Hari Kiamat, kelak.

Pembaca yang budiman,

Seiring berjalannya waktu, geliat perkembangan Baitulmaal Muamalat (BMM) semakin menebar manfaat bagi kepentingan ummat. Didirikan sejak 16 Juni 2000 dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Dr. Hamzah Haz (saat itu), dan Menteri Agama RI, Muhammad Tolchah Hasan (saat itu), BMM senantiasa konsisten menggulirkan berbagai program pemberdayaan ekonomi ummat.

Sejak berdiri, sudah enam kali BMM berganti pemimpin. Tahun 2006-2009 saya diberi kesempatan untuk memimpin BMM. Kini, awal September tahun 2015, setelah 6 tahun lamanya saya tidak di BMM, saya kembali diamanahkan untuk memimpin BMM. Tak pelak, telah banyak perubahan yang terjadi di lembaga ini.

Seyogyanya, dengan kehadiran BMM sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) turut menjadi bagian dalam menyukseskan ekonomi Islam serta bersinergi dengan grup Muamalat secara menyeluruh. BMM dengan berbagai program ekonomi yang digulirkan meliputi pemberdayaan ekonomi seperti Bina Desa Muamalat, Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dan (Komunitas Usaha Mikro Mumalat berbasis Masjid (KUM3), serta program pendidikan yang digulirkan BMM meliputi pemberian Beasiswa Mumalat bagi siswa pra sejahtera, dan program lingkungan maupun Aksi Tanggap Muamalat (ATM) yang senantiasa tanggap akan bencana.

BMM senantiasa konsisten untuk menebar manfaat dan kebaikan untuk ummat. Sejak tanggal 2 Oktober 2015, BMM menggulirkan program berbagi ta’jil bagi yang berpuasa senin maupun kamis di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi, . “Small action, high impact”, sejatinya upaya kecil jika dilakukan secara rutin akan berdampak besar. Oleh karena itu,  program berbagi ta’jil yang dihimpun dari dana infak para donatur  khususnya karyawan Bank Mumalat Indonesia (BMI) ini sekaligus menjadi ladang dakwah bagi donatur dan BMM untuk mengajak masyarakat menjalankan puasa Senin dan Kamis. Sebagaimana tertuang dalam firman Allah Surat Albaqarah ayat 261, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha mengetahui.”

Betapa dahsyatnya kuasa Allah, luar biasa tidak tanggung-tanggung Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang mau berinfak. Hal ini lah yang menjadi pemicu BMM untuk mengajak masyarakat berinfak dan menebar manfaat bagi sesama.

BMM pun senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas amilnya demi memberikan kontribusi terbaik untuk kemaslahatan umat. Berbagai improvement di segala aspek gencar dilakukan BMM. Dimulai dari peningkatan kemampuan dan pelayanan amil BMM serta peningkatan berbagai program pemberdayaan BMM.

Harapannya, BMM akan lebih banyak lagi memberikan manfaat bagi ummat. Dengan mengharap ridha Allah, ke depannya dengan target penghimpunan sebesar 150 miliar, BMM dapat memfasilitasi 1000 pengusaha mikro berlatarbelakang mustahik, memberikan 10.000 beasiswa, dan merekrut 10.000 relawan yang akan memperkuat jaringan BMM di masyarakat. Sehingga kehadiran BMM akan lebih memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan komunikasi yang humble dan menyenangkan, semoga kehadiran BMM  dapat memberikan kegembiraan dan mengembirakan bagi ummat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Sebelumnya :