Iwan Fuad

Kolom Direktur Eksekutif


Bambang Kusnadi

Direktur Eksekutif

Kita Bisa Besar Karena Dekat dengan yang Besar

Oleh Iwan A. KS

Alhamdulillah, seiring berjalannnya waktu, Baitulmaal Muamalat (BMM) sebagai lembaga zakat yang concern di bidang pengembangan ekonomi dan usaha kecil, terus mengembangkan sayapnya ke berbagai lini dan jaringan. Setelah mendirikan Toserba di Pekalongan, kini BMM tengah menjajaki kerjasama dengan Alfamart untuk pendirian pertokoan semacam ‘Alfamart Syariah’.

Ini tentunya sebuah kemajuan yang cukup berarti bagi sebuah lembaga zakat. Sebab sektor riil ekonomi merupakan sektor penting bagi penguatan kehidupan seorang mustahik, karenanya perlu terus diperkuat dan dikembangkan lebih luas lagi agar kemanfaatannya bisa terus bertambah.

Kita tahu bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa keterlibatan orang lain. Kita sukses juga karena ada orang lain, kita hebat juga karena ada pihak lain. Oleh karena itu, kita harus bisa menemukan orang lain agar kita menjadi orang sukses atau hebat di masa mendatang.

Seseorang dapat dilihat dari siapa orang-orang yang ada di sekitarnya. Lagu Tombo Ati, yang disenandungkan penyanyi religi, Opick, menyiratkan makna bahwa jika ingin menjadi orang baik, maka berkumpullah dengan orang baik. Dengan demikian, jika kita ingin menjadi manusia yang hebat, maka hendaknya berkumpul dengan orang-orang hebat. Bergitu juga dalam hal berorganisasi, jika sebuah organisasi ingin menjadi hebat, maka harus sering-sering menyertai dan mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh organisasi yang hebat.

Kita tentu merasakan bahwa ketika kita berada dan banyak bergaul dengan orang-orang sukses dan mengikuti pola organisasi yang sukses maka magnet kesuksesan dan kebesaran itu bisa kita rasakan. Dan pada akhirnya magnet itu akan menular kepada kita.

Setidaknya, cara berfikir, bertindak berperilaku yang diperlihatkan dan ditunjukkan orang-orang sukses akan menjadi inspirasi kita untuk berbuat hal yang sama. Kita tahu Donald Trump memberikan inspirasi kepada kita dalam serial TV ‘The Apprentice’. Di sana Trump memiliki tim yang loyal dan menjadi perpanjangan tangan dirinya dalam menemukan para calon “orang kepercayaan” yang baru. Pada akhirnya, Trump akan memiliki sebuah tim yang sangat loyal dan bervisi sama dengan menciptakan jaringan kerja yang baik, sehingga jalan menuju sukses dan kaya itu semakin lebar.

Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang hebat, dapat menjadi organisasi yang hebat dengan kita mengambil pelajaran dari kesuksesan dan keberhasilan orang lain atau organisasi lain.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Sebelumnya :